Category Archives: materi mmmd

Mulut adalah Harimau …

Sebenarnya yang namanya maaf tidak harus diucapkan ketika lebaran tiba… tul gak ??

Tapi diucapkan ketika kita membuat suatu kesalahan, baik itu disengaja atau tidak … dan seharusnya juga .. yang namanya maaf tidak terbedakan oleh kategori orang tertentu, dalam artian .. tidak harus yang muda yang harus meminta maaf duluan kepada yang lebih tua .. tapi ketika orang tua berbuat salah, sebaiknya dengan berani meminta maaf kepada yang lebih muda….

Dan … aku adalah seorang yang mudah salah .. karena aku manusia.

Aku seringkali mengucapkan sesuatu yang tidak pada tempatnya … berucap “nyeplos” kepada orang – orang di sekitarku, bahkan kepada seorang yang terkenal sekalipun.

Tapi seringkali anehnya .. orang yang seringkali aku ceplosin, gak berefek apa – apa, tapi setelah sesaat sadar ..baru aku ingat .. ternyata aku sudah keterlaluan …

Terhadap orang lebih tua pun, kadang berujar nyeplos .. palagi terhadap wanita.

Beneran .. aku gak enak! Sama sahabatku sendiri sering aku ceplosin juga…

Seperti halnya aku mengomentari hubungan sahabatku dengan seorang wanita, aku katakan .. hubungan kalian ibarat hidup tanpa perasaan, beragama tanpa keyakinan.

Setelah itu terucap .. aku baru sadar .. ternyata yang aku ceplosin ini orang lain ..

Emang benar ya .. Mulutmu adalah Harimaumu … Your mouth is your tiger .. gitu ya ..

 

Teruntuk sahabatku tersayang, maaf ya .. kalau mulutku ini terlalu lancang !! dan sering berujar salah …

Kepada siapa saja yang pernah terluka akan ucapanku .. maaf juga ya ….

lomba26.gif

Advertisements

Untuk Sahabat dan Maaf dari Sahabat

Sekilas flashback untuk sahabatku …

Lebaran kemarin memang merupakan hari yang berat untuk sahabatku Ndy …
Bukan kebahagian yang didapatinya, melainkan kesendirian dan sakit hati yang didapatinya ..
Sungguh kasihan ya … tapi aku bisa apa ??

Aku cuma bisa menelponnya dan memberikan masukan agar senantiasa sabar dalam menghadapi segala situasi.
Sabar… karena aku seringkali memberi warning, nantinya akan seperti ini kejadiannya.
Cintanya terhadap seseorang sudah mendapati suatu putusan …
Cintanya terhadap seorang pria yang dikaguminya .. pupus sudah …
Sabar ya Ndy …..

Meski kamu jauh disana sendirian .. menghadapi gejolak hatimu yang sakit .. aku cuma bisa menenangkan lewat suaraku ..
Kamu yang sabar ya Ndy …
Toh ini bukan akhir dari segalanya kan ??
Lagian kamu masih punya sahabat-sahabat yang masih menyayangi kamu ….

Lebaran ini, jadikan semacam instropeksi diri ..
Untuk mereview segala kekurangan dan kelebihan kamu di masa yang lampau …

Jangan trus kamu tutup pintu maaf mu untuk semua orang, khususnya seseorang yang menolak ketulusan cintamu akhir-akhir ini…..

lomba23.gif


Finally .. Pintu maaf terbuka juga ..

Akhirnya sahabatku sms juga ke mantan yang dia benci ….

Alhamdulillah…………………………………….
Pintu maaf itu sudah dibuka ….

Aku kaget, pas lagi santai-santai .. tiba-tiba ada sms menanyakan .. “Yud, no hapenya Tika berapa??”
trus aku kasih jawaban beserta no.hapenya Tika tersebut, sekaligus menanyakan .. tumben amat mau sms ma Tika.
Kan setauku, sahabatku ini sangat benci sekaliii ma cewek yang satu ini. Gak tau kenapa, kok bisa segitunya. Padahal kalo aku liat .. perhatian cewek ini ke cowoknya sangatlah luarrr biasa … bahkan orang tua si cowok ini sampai sayang banget ma Tika..
Entah yang bodoh ni siapa ya ?? atau memang ini harus terjadi .. halah …

Intinya … sahabatku sudah mulai membuka pintu hati untuk meminta maaf ke mantan ceweknya itu .. Tika.
Ohh man .. oh man …
If i were u .. this lady .. udah aku rawat baik-baik ..jangan ampe lecet dan terluka …

Alhamdulillah …

lomba25.gif


Lebaran SMS …

logo lomba blogKarena lidah sering berujar salah & pola tingkah kerap berpongah, aku susun sepuluh jari untuk tulus mohon MAAF dalam menyambut Idul Fitri 1427 H, Maaf Lahir Bathin”

“There’s no music as beautiful as the voice of Allah..
Through d’sound of takbiran in d’eve of Lebaran ..
Minal aidzin wal faidzib, Mohon maaf lahir bathin.”

“Seputih Kokain, senikmat ganja, se’enak vodka, seharum heroin …
Tapi semua itu tidak ada apa-apanya dengan Hari Kemenangan kita, Hari Raya Idul Fitri, Maaf lahir bathin”

“Here comes a day when every sin blessed away. Hope each pray answered, each kindness accepted.
Forgiveness for fault & mistakes. Let’s back to Fitri. Happy lebaran day. “

Hahahaha …. sms yang menyenangkan dan adapula yang aneh.
Moso, lebaran … atau hari raya suci dibandingkan ma jenis-jenis narkoba … halah .. dasar kurang kerjaan …

Inti dari itu semua, yaa … pas hari raya idul fitri banyak yang maap-maap an …
Tapi harusnya sih … meminta maaf kan tidak harus menunggu lebaran kan ???


Ba’da liburan lebaran ..

Oalah…tumben amat, aku ngerasa liburan lebaran ini sangat pendek. Gak kerasa juga ya, meski liburan cuman seminggu lebih dikit.

Belum lagi permasalahan sebelum liburan dimulai …

Moso yang namanya THR dibayar pas menjelang liburan tiba, aneh kan?? Harusnya kan menurut ketentuan Disnaker, THR harus diberikan maksimal seminggu sebelum lebaran.

Yang salah tuh manajemen atau kasirnya sih?? Toh emang sih, dari dulu yang aku sering dengar, kasirnya lumayan pelit kalo ngasih sesuatu sesuai dengan waktunya…baik itu masalah gaji atau dana yang lainnya.

Herannya, kok gak ada acara maaf-maaf an ya, kayak perusahaan yang lainnya.

Ya … memang sih, perusahaan tempatku bekerja, merupakan perusahaan kecil yang masih satu grup dengan perusahaan besar itu…so keuangannya masih nginduk ma perusahaan besar tersebut.

Ya ,… semoga aja, kalo aku memang punya salah ma orang-orang di sekitar perusahaan induk tersebut .. maafin ane ya…  kali aje .. secara gak langsung ane punya salah ma kalian, wahai perusahaan indukku .. hehehehe…..

lomba27.gif


Beda Pendapat Masalah Puasa dan Shalat Ied

Taat kepada pemerintah dalam perkara kebaikan. Inilah salah satu prinsip agama yang kini telah banyak dilupakan dan ditinggalkan umat. Yang kini banyak dilakukan justru berupaya mencari keburukan pemerintah sebanyak-banyaknya untuk kemudian disebarkan ke masyarakat. Akibat buruk dari ditinggalkannya prinsip ini sudah banyak kita rasakan. Satu diantaranya adalah munculnya perpecahan di kalangan umat Islam saat menentukan awal Ramadhan atau Hari Raya.

Padahal dalam ajaran Islam itu sangat mudah sekali, selama kita tidak meng”aneh-anehi”. Ketaatan umat Islam hanya kepada Allah ta’ala, Rasulullah dan ulil amri (yang dimaksud adalah pemerintah sekitar)

Kadang bagi seorang yang awam, seringkali bertanya :
“Apa hubungannya antara ketaatan terhadap penguasa dengan pelaksanaan shaum Ramadhan dan hari raya Ied ?”

Layak dicatat, hubungan antara keduanya sangat erat. Hal itu karena:
1. Shaum Ramadhan merupakan syi’ar kebersamaan umat Islam, dan suatu kebersamaan umat tidaklah mungkin terwujud tanpa adanya ketaatan terhadap penguasa.
2. Penentuan pelaksanaan shaum Ramadhan merupakan perkara yang ma’ruf (kebaikan) dan bukan kemaksiatan. Sehingga menaati penguasa dalam hal ini termasuk perkara yang diperintahkan dalam agama Islam. Terlebih ketika penentuannya setelah melalui sekian proses, dari pengerahan tim ru‘yatul hilal di sejumlah titik di negerinya hingga digelarnya sidang-sidang istimewa.
3. Realita juga membuktikan, dengan menaati keputusan penguasa dalam hal pelaksanaan shaum Ramadhan dan penentuan hari raya ‘Idul Fithri, benar-benar tercipta suasana persatuan dan kebersamaan umat. Sebaliknya, ketika umat Islam berseberangan dengan penguasanya, perpecahan di tubuh mereka pun sangat mencolok. Maka dari itu, menaati penguasa dalam hal ini termasuk perkara yang diperintahkan dalam agama Islam.
Ada dua perbedaan dalam pelaksanaan shalat Ied… aliran Islam terbesar di Indonesia menyelenggarakan shalat Ied hari Senin, sedangkan pemerintah menyelenggarakan shalat Ied di hari Selasa.

Meski kita sesama muslim harus saling menghormati, tapi kan .. perlu juga kita merujuk dalam ajaran Islam itu sendiri, seperti yang dicontohkan dalam masa pemerintahan Rasulullah …

“Barangsiapa menaatiku berarti telah menaati Allah. Barangsiapa menentangku berarti telah menentang Allah. Barangsiapa menaati pemimpin (umat)ku berarti telah menaatiku, dan barangsiapa menentang pemimpin (umat)ku berarti telah menentangku.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim, dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu)

Beberapa fatwa dari ulama besar yang saya ambil dari situs :

Fatwa Para Ulama Seputar Shaum Ramadhan Bersama Penguasa
*Al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Seseorang (hendaknya) bershaum bersama penguasa dan jamaah (mayoritas) umat Islam, baik ketika cuaca cerah ataupun mendung.” Beliau juga berkata: “Tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala bersama Al-Jama’ah.” (Majmu’ Fatawa, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah juz 25, hal. 117)

* Al-Imam At-Tirmidzi berkata: “Sebagian ahlul ilmi menafsirkan hadits ini [1] dengan ucapan (mereka): ‘Sesungguhnya shaum dan berbukanya itu (dilaksanakan) bersama Al-Jama’ah dan mayoritas umat Islam’.” (Tuhfatul Ahwadzi juz 2, hal. 37. Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah jilid 2, hal. 443)

*Al-Imam Abul Hasan As-Sindi berkata: “Yang jelas, makna hadits ini adalah bahwasanya perkara-perkara semacam ini (menentukan pelaksanaan shaum Ramadhan, berbuka puasa/Iedul Fithri dan Iedul Adha, -pen.) keputusannya bukanlah di tangan individu. Tidak ada hak bagi mereka untuk melakukannya sendiri-sendiri. Bahkan permasalahan semacam ini dikembalikan kepada penguasa dan mayoritas umat Islam. Dalam hal ini, setiap individu pun wajib untuk mengikuti penguasa dan mayoritas umat Islam. Maka dari itu, jika ada seseorang yang melihat hilal (bulan sabit) namun penguasa menolak persaksiannya, sudah sepatutnya untuk tidak dianggap persaksian tersebut dan wajib baginya untuk mengikuti mayoritas umat Islam dalam permasalahan itu.” (Hasyiyah ‘ala Ibni Majah, lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah jilid 2, hal. 443)

Sebenarnya mudah kan …

lomba24.gif